Bonus & Tantangan Menuju Indonesia Emas


 Pembicara: Prof. Dr.Haryano Umar, SE.,Ak.,M.Sc.,

    


Bonus & Tantangan Menuju Indonesia Emas


Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah pendu- duk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi Ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.


Menggali kembali makna dalal dan Pancasila sebagi pelat dan semangat awal untuk memerang radikalane dan menda Indanesia mas2045


Selain pendalaman karakter must Indonesia yang berdasarkan pada nilala Pancasila akan menjadi tamang yang cukup but Latik mangal pahampaham

Radikalisme


Pancasila dan Pembangunan (Cont...)


+ Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak.


Oleh sebab itulah pembangunan nasional hendaklah menwujudkan tujuan tersebut.


Keberhasilan manusia mencapai tujuan dan hakekat hidupnya untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin maka manusia menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).


Sila-sila demi sila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan Iptek..


Pancasila dan Pembangunan


Pada hakikatnya Pancasila sebagal paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila


Pembangunan Nasional adalah untuk menusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial


Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia Bidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spritual.


Kedudukan Pancasila Dalam Pembangunan Nasional


1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagal bangsa.

2. Pancasila sebagal landasan pembangunan nasional. 3. Pancasila merupakan arah pembangunan nasional.

4. Pancasila merupakan etos pembangunan nasional.

5 Pancasila sebagai moral pembangunan.


Pembangunan Dalam Perspektif Pancasila


Pembangunan yang arah nilai-nilal kemanusiaan sebagai "core values".


Pancasila sebagal konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti(core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata social sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemaajuan teknologi dan perubahan lingkungan.

Kelima nilai-nilai inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata social dan pola tingkah laku segenap warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif


Peran Nahdlatul Ulama dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas


Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila.

Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adpatasi, integrasi, pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yang berdaulat.

Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan, Nahdlatul Ulama menerapakan prinsip dasar yaitu tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleran), tawasut (moderat), dan i'tidal (adil) dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan kareem 1445 H

MATERI 6 Mahasiswa Unusa Berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume fakultas 1