Ramadhan kareem 1445 H

 Ramadhan kareem 1445 H

"Ramadhan: Bulan Penuh Berkah dan Hikmah"

  • Ramadhan: Bulan Penuh Berkah dan Hikmah

Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah, adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, banyak ibadah, tradisi, dan aktivitas sosial dilakukan dengan tujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

  • Keutamaan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Bulan ini juga dikenal sebagai "bulan puasa", dan umat Islam diharuskan untuk menahan diri dari konsumsi makanan, minuman, dan aktivitas sehari-hari lainnya dari fajar hingga senja.

Ramadhan bukan hanya tentang menahan diri dari makanan dan minuman; itu juga tentang menjaga lisan, pikiran, dan tindakan. Ini adalah waktu untuk membersihkan diri dari pikiran dan perilaku yang tidak baik dan berkonsentrasi pada kemajuan spiritual dan moral.

  • Ibadah dan Tradisi di Bulan Ramadhan
Selama bulan Ramadhan, orang Islam melakukan banyak ibadah lain selain berpuasa, seperti tarawih, sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya. Mereka juga sering membaca Al-Qur'an dan berdoa dengan lebih intens.

Sahur, makanan yang dimakan sebelum fajar untuk mempersiapkan puasa, dan buka puasa, makanan yang dimakan setelah matahari terbenam untuk mengakhiri puasa, seringkali merupakan waktu untuk berkumpul dengan keluarga atau teman.
  • Ramadhan dan Kedermawanan
Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan kedermawanan karena umat Islam diharuskan untuk membayar zakat fitrah, yang merupakan jenis sedekah yang diberikan pada akhir bulan. Banyak orang juga memilih untuk memberikan bantuan dan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan selama bulan ini.
  • Kesimpulan
Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan hikmah. Ini adalah waktu untuk umat Islam untuk merenung, berdoa, dan berbagi dengan orang lain. Semoga kita semua dapat memanfaatkan bulan ini sebaik-baiknya dan meraih segala kebaikan yang ditawarkannya. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

DOKUMENTASI BULAN RAMADHAN
  1. Bagi bagi takjil, buka bersama dan khataman bersama sahabat pmii
  2. buka bersama dengan sahabat pmii rayon fahmi syaifuddin
  3. bagi bagi takjil dan buka bersama sistem informasi angkatan 23 unusa









































Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI 6 Mahasiswa Unusa Berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume fakultas 1