Korupsi


 


Indonesia merupakan negara yang makmur nan kaya, tapi mengapa hingga saat ini belum juga mendapat kemakmuran?. Ada banyak hal yang mempengaruhi, Namun satu hal yang paling berpengaruh ialah adanya conflict of interest. conflict of interest (COI) merupakan konflik atas kepentingan dari diri sendiri maupun suatu golongan, hal ini menyebabkan suatu permasalahan yang mana menimbulkan kepentingan pribadi atau golongan lebih penting. Hal ini dapat membutakan hati dari mereka yang tidak dapat menyelesaikan COI


bentuk COI antara lain :

-gratifikasi 

-recruitment

-diskresi menyalahi wewenang

-memanfaatkan aset untuk kepentingan pribadi

-kemudahan akses yang diberikan secara diskriminatif

-komersialisasi pelayanan publik


Dalam korupsi ada banyak jenisnya ada 30 jenis yang dijelaskan oleh profesor haryono, pelaku korupsi dapat dikenakan hukuman mati bila melanggar pasal tertentu conothnya korupsi dalam penanganan bencana. 


korupsi ada 4 unsur yakni ada pelakunya, menimbulkan kerugian negara, melawan hukum atau memanfaatkan kewenangan dengan semena mena, dan yang terakhir menguntungkan diri sendiri.


korupsi punya 3 sebab yakni opportunity (kesempatan), Pressure (tekanan dari pihal lain), Integrity( kurangnya integritas), semua ini disebut fraud triangle.


untuk mencegah korupsi ada 3 level anti korupsi yang bisa diterapkan, yang pertama ialah integritas yang patuh dan beriman, kedua konsistensi dalam pekerjaan dan kejujuran, dan yang terakhir adalah stand alone.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan kareem 1445 H

MATERI 6 Mahasiswa Unusa Berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume fakultas 1